Monday, September 25, 2017

Studi Baru Mengidentifikasi Empat Jenis Pengguna Facebook

Facebook


Facebook tidak diragukan lagi merupakan jejaring sosial terbesar dan terpopuler saat ini. Diperkirakan dua miliar orang menggunakan platform ini setiap bulan untuk berbagi cerita, mengungkapkan pendapat, membuat pengumuman, berbagi dengan orang lain, terhubung dengan orang lain, atau hanya stalking. Dengan segudang karakter warna-warni yang pernah Anda lihat di komunitas Facebook Anda sendiri, Anda mungkin bisa menemukan banyak pengguna Facebook. Menurut ilmu pengetahuan, bagaimanapun, hanya ada empat jenis utama yang perlu Anda ketahui.

Sebuah penelitian data baru yang dilakukan di Universitas Brigham Young (BYU) di Provo, Utah, berjudul I   FB: Analisis Q-Metodologi Mengapa Orang 'Suka' Facebook, memecah empat jenis pengguna Facebook. Untuk penelitian tersebut, tim menyusun daftar 48 pernyataan yang menjelaskan mengapa orang menggunakan Facebook. Peserta dalam penelitian ini kemudian diminta untuk memilih pernyataan yang paling sesuai dengan aktivitas jaringan sosial mereka sendiri dan menempatkannya dalam skala dari "paling" menjadi "Sangat tidak saya suka"

Salah satu rekan penulis studi tersebut, Kris Boyle, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Media sosial begitu mendarah daging dalam segala hal yang kita lakukan saat ini.Kebanyakan orang tidak memikirkan mengapa mereka melakukannya, tapi jika orang bisa mengenali kebiasaan mereka, setidaknya menciptakan kesadaran. "

1. Selfies
Selfies melihat Facebook sebagai sarana untuk mempromosikan diri. Mereka suka memposting foto, video, dan update status dengan tujuan mendapatkan perhatian dan mendapatkan suka dan berkomentar. Menurut penelitian tersebut, Selfies menggunakan Facebook untuk memproyeksikan citra dirinya sendiri, akurat maupun tidak. Selfies dalam penelitian ini dapat berhubungan paling banyak dengan pernyataan tersebut: "Semakin banyak 'alarm pemberitahuan' yang saya terima, semakin saya merasa disetujui oleh rekan-rekan saya."

2. Relationship builders
Relationship Builders menggunakan Facebook untuk memperkuat hubungan yang mereka miliki dengan orang yang mereka kenal, seperti keluarga dan teman kehidupan nyata mereka. Jaringan sosial berfungsi sebagai perpanjangan dari kehidupan sosial Relationship Builder. Peserta dalam penelitian yang termasuk dalam tipe ini sangat teridentifikasi dengan pernyataan tersebut: "Facebook membantu saya untuk mengungkapkan cinta kepada keluarga saya dan membiarkan keluarga saya mengungkapkan cinta kepada saya."

3. Kota Criers
Bagi Town Criers, ada kesenjangan yang jauh lebih besar antara dunia nyata dan dunia maya mereka. Mereka kurang peduli untuk berbagi informasi pribadi dan lebih tertarik untuk mendorong informasi bermanfaat. Mereka suka menerbitkan ulang berita dan mengumumkan acara, dan mereka lebih memilih untuk memperbarui jaringan mereka tentang usaha pribadi mereka melalui cara lain.

4. Window shoppers
Seperti Town Criers, Window Shoppers merasakan rasa tanggung jawab berada di Facebook - tapi terutama untuk melihat apa yang orang lain lakukan.Ini setara virtual dengan orang-orang menonton (atau Anda juga bisa menyebutnya mengintai). Studi tersebut menemukan bahwa peserta Window Shopper paling memperhatikan pernyataan tersebut: "Saya dapat dengan leluasa melihat profil Facebook seseorang yang saya taksir dan mengetahui kepentingan dan status hubungan mereka."

Jadi, Anda termasuk pengguna facebook yang mana? Beri tahu saya pendapat anda melalui komentar di bawah ini!
Share:

2 comments:

  1. bener sekali pembahasan di atas,intinya banyak orang yang di manfaatkan facebook dan sedikit orang yang memanfaatkan facebook

    ReplyDelete
  2. sekarang untuk membuat facebook aga rumit ternyata, kalo misalkan dulu bisa pakai nama sembarangan sekarang langsung minta verifikasi idenntitas asli. Apalagi yang doyan share link pasti auto banned. Haha malah curcol

    mampir ketempat aku ya kak, di drakorku-id com

    ReplyDelete